Kamis, 25 Oktober 2012

Menghitung Kebutuhan Keramik

Sebelum membeli keramik, tentunya kita perlu menghitung berapa dus yang diperlukan untuk menutupi lantai ruangan. 1 Dus keramik dapat digunakan untuk ± 1 m2. Jadi jika luas ruangannya 16 m2 diperlukan 16 dus keramik. Perhitungan diatas adalah perhitungan kasar. Jika kita memerlukan perhitungan yang lebih akurat, tabel berikut bisa membantu.
Berikut adalah tabel banyak keramik tiap dus beserta luas tiap dus :

Contoh perhitungan untuk luas ruangan 16 m2 memakai keramik 40 x 40 :
Banyak dus yang diperlukan = Luas ruangan / Luas per box = 16 m2 / 0,96 m2 = 16,67 dus = 17 dus
Ternyata jika kita memperhitungkan luas per box, keramik yang diperlukan untuk luas 16 m2 adalah 17 dus. Hasilnya berbeda jika kita menggunakan perhitungan kasar.
Selain itu, kita juga perlu memperhitungkan toleransi sesuai dengan pola pemasangan keramik. Jika kita memasang keramik secara paralel (standar) sebaiknya dilebihkan 5% dari yang dibutuhkan. Jika memasang secara diagonal perlu ditambah ±7%. Tambahkan juga toleransi 2-3% dari total keramik terpasang untuk mengantisipasi keramik yang pecah di kemudian hari.
Biasanya masalah timbul ketika jumlah keramik yang kita beli ternyata kurang dan stok di toko-toko sudah tidak ada atau bahkan sudah tidak diproduksi lagi. Atau mungkin stok di toko masih ada, tetapi berbeda seri (tonality) dengan keramik yang sudah dibeli. Perbedaan seri ini dapat menimbulkan kesan belang setelah dipasang. Oleh karena itu, sebelum membeli keramik perlu diperhitungkan toleransi dan sebaiknya keramik yang dibeli memiliki seri yang sama.

Sumber : Standar Kemasan Roman, FAQ Roman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar